Pemasaran Buku
Pertemuan : 21
Moderator :
Ibu Mutmainah
Nara
Sumber : Bpk. Agus
Subardana, SE, MM
Tema : Pemasaran Buku
Assalamu’alaikum Teman-teman
Kelas Belajar Menulis PGRI Gelombang 27 kali ini sudah mencapai pertemuan ke 21. Kelas kali ini yang bertugas sebagai moderator adalah Ibu Mutmainah yang biasa dipanggil Emut dari Lebak Banten. Beliau adalah Alumni peserta Belajar Menulis PGRI asuhan Om Jay gelombang 24 (Januari-Maret 2022).
Narasumber pada kesempatan kali ini adalah Ibu. Bpk. Agus Subardana, SE, MM. Beliau adalah Direktur Marketing dari Penerbit Andi Offset Yogyakarta. Beliau menggeluti bidang pemasaran sejak awal tahun 1999 sampai saat ini. Bukan waktu yang singkat 23 tahun berkiprah di dunia kepenerbitan bagi Beliau. Dan Ditopang dengan riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 manajemen pemasaran. Sebagai bukti keprofesionalan Beliau. Hingga saat ini Beliau sering menjadi moderator di berbagai event webinar.
Materi yang disampaikan oleh nara sumber pada kali ini adalah tentang Pemasaran Buku.
Teman-teman,
Tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang kemudian disajikan kepada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian apa yang diminati oleh pembaca dari semua kalangan. Memang tidak mudah dalam membidik selera dari konsumen yang lahir dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus kita lakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan dan bahkan mungkin bisa menjadi kecanduan.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. Hasil tulisan yang kita buat tentu saja harapannya ingin bermuara menjadi sebuah karya buku. Akan tetapi setelah menjadi karya buku, mingkin kita bingun dan belum tahu bagaimana cara memasarkan buku yang sudah dicetak. Apakah kita biarkan numpuk dalam rak untuk hanya sekedar koleksi saja, atau kita tumpuk di perpustakaan sekolah?, atau kita berfikir lagi layak kah buku yang kita buat ini untuk diperjualbelikan kepada pembaca?. Untuk itu kita harus tahu trik dalam memasarkan hasil karya buku kita.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti strategi pemasaran adalah rencana untuk memperbesar pengaruh terhadap pasar, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, yang didasarkan pada riset pasar, penilaian, perencanaan produk, promosi dan perencanaan penjualan, serta distribusi. Kemudian menurut Sofjan Assauri (2015), Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.
Narasumber menjelaskan strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian?, karena hal ini dapat dilihat dari jenis - jenis buku yang di terbitkan. Jenis - jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori Buku Anak, Buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dan lain-lain ).
Dari
jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah penerbit ANDI akan melakukan
pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada
umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis .
Sehingga
strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat
ini penerbit ANDI dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang terus dijalankan
masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan
Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 42 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku
yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Narasumber
menjelaskan lagi Strategi Pemasaran buku yang telah dipetakan menjadi dua
strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi
pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor
makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara
singkat sebagai berikut :
1. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
- Pemasaran buku lewat On Line
Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan di Penerbit ANDI Offset antara lain :
- Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
- Search
Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet
untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
- Search
Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin
pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital
yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin
pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
- Social
media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan
pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
- Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
- Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan
promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa
kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya.
- Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
- Video
marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
- TV.
ANDI AKADEMI . Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel
Youtube TV. ANDI , Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena
orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini
bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan streaming.
- Berkerjasama
dengan marketplace seperti bukalapak, shopee, dll serta mitra / reseller.
Untuk penjualan buku lewat Online ini
penerbit harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
- Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya
komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk
komunitas (membuat Grup WA dan lain-lain) dan relasi , maka gunakanlah jaringan
komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat
komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan
komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
2. Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini
dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan
membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit
Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh sampai dengan Papua, dengan menempatkan
tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini dikelompokkan
berdasarkan target pasar yang dituju, antara lain :
- Toko
Buku
Penerbit Buku yang
mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian
besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai
pemasok rutin di toko buku maka kita
perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis
yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa perlu dipetakan
jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut
mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku
modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books
Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan
teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi
modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan
per toko .
Sedangakan Toko
Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran
toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit
buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di
toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain
:
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dan lain-lain )
- Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
Penerbit Andi Offset
mempunyai Sales Toko Buku disetiap cabang - Cabang besar di Indonesia yang
bertugas untuk mendisplay buku, menawarkan produk ke konsumen yang datang ke
toko dan melakukan R.O
Berikut contoh display buku penerbit yang ada di toko :
3. Strategi
Pemasaran melalui Direct Selling
Penerbit Andi mempunyai Cabang di Indonesia
sebanyak 96 Cabang dari Aceh sampai dengan Papua, dan Mempunyai Sales /
Marketing disetiap cabang tersebut.
Pemasaran Buku melalui Directselling ini dipetakan
berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Jenis Katagori buku penjualan
lewat Directselling ini dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis
katagori tersebut diatas maka Penerbit ANDI sebagai Industri Penerbitan buku
melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual
/ sales tersebut diberi tanggungjawab target sesuai maping areanya masing –
masing yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dan lain-lain.
Dengan kunjungan
langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang
baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dan lain-lain, sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
Tenaga penjual /
Sales tersebut akan berjuang untuk bisa menguasai areanya dan pelakukan
penetrasi pasar untuk bisa transaksi sesuai target yang telah ditetapkan oleh
Perusahaan.
4. Strategi
pemasaran buku dengan Melakukan Event – Event
Aktif dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
webinar , workshop, Tryout, dan sebagainya.
Demikianlah penjelasan tentang Penerbit Buku ANDI OFFSET dari Yogyakarta
“Genggam semua ilmu yang telah didapat, untuk menjadi bekal berkarya demi keabadian diri”. (Mutmainah)
“Semua orang akan mati terkecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak”- Ali bin Abi Thalib
Semoga bermanfaat
Salam
hangat penuh semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar